Pages

Monday, January 24, 2005

Visi harus didukung tindakan nyata

Visi dibangun di atas pondasi kokoh. Tak ada jalan pintas antara hari ini dan esok. Tujuan-tujuan dicapai melalui perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan.

Renungan:

Menciptakan visi dan menetapkan tujuan adalah tugas utama para pemimpin. Mereka mewujudkan pemikiran, mempertemukan berbagai sudut pandang anggota tim, dan memberikan pengarahan pada karyawan. Para pemimpin juga bertanggungjawab untuk selalu menghidupkan visi itu. Anda bukan saja harus merencakan apa yang akan terjadi, namun juga bagaimana membuatnya terjadi.

Pertama, pertimbangkan bagaimana saling-keterkaitan tujuan-tujuan yang ada.
Kemudian wujudkan masing-masing tujuan dengan dukungan prosedur selangkah demi selangkah. Pasanglah rambu-rambu jalan serta cara mengukur kecepatan dan jarak yang sudah anda tempuh. Kemudian kumpulkan sumber daya anda, baik yang bersifat finansial, aset maupun manusia. Siapkan rencana keuangan anda.
Amankan semua aset yang diperlukan - bangunan, mesin, peralatan, perkakas kantor. Kemudian kumpulkan tim anda, berilah pelatihan dan motivasi untuk mencapai tujuan tadi.

Terakhir, setelah melakukan semua persiapan, mulailah bergerak melalui strategi dasar anda. Jaga jangan sampai rambu-rambu jalan tadi terlepas dari pandangan mata anda dan jangan lupa untuk selalu memetakan kemajuan. Anda harus selalu melakukan tindakan lanjutan. Bergerak maju tidak berarti hanya duduk-duduk sambil berpikir dan membicarakan rencana. (RFM50)

Bahan Renungan:

- Bagaimana rencana tujuan-tujuan Anda untuk tahun ini?
- Metode apa yang Anda gunakan untuk memantau pelaksanaan rencana Anda?
- Sebagai pemimpin, bagaimana Anda memastikan bahwa visi telah terpenuhi ?

No comments: