Pages

Thursday, January 27, 2005

CEO Tips #

CEO Tips # Menjadi seorang CEO (Chief Executive Officer) adalah angan-angan banyak manajer dan profesional. Tugas yang sangat menantang, tanggung jawab untuk mempersembahkan kejayaan bagi organisasi dan gaji serta fasilitas tinggi merupakan tipikal konsekuensi jabatan CEO. Namun bagaimana banyak CEO bisa semujur itu?

Serial CEO Tips # berusaha untuk mengumpulkan tips untuk kita yang hendak meraih kemajuan di dalam usahanya. Setiap tips yang disajikan secara mingguan berfokus pada tindakan-tindakan spesifik yang perlu dikembangkan atau larangan-larangan yang perlu dipatuhi. Diharapkan setelah menyelesaikan satu tips kita maju setapak sehingga mampu mengembangkan kemampuan, visi, keuletan, integritas, penghargaan pada atasan, bawahan, rekan dan diri anda sendiri, yang memang seharusnya dimiliki oleh para pemimpin.

Secara umum serial CEO Tips # merupakan saduran bebas atas buku "How to Become CEO" karya Jeffrey J. Fox. Bagaimanapun setiap ide dalam serial CEO Tips # ini bukanlah bagian dari kurikulum MBA. Oleh karena itu, meski cukup singkat, setiap ide disajikan secara blak-blakan, gamblang, mudah dibaca sehingga diharapkan dapat mengena.

CEO Tips #1
Jangan Biarkan Personalia Menentukan Karier Anda

Ada hasil survey yang cukup mengejutkan; yaitu ternyata cukup banyak manajer yang berpendapat bahwa bagian Personalia (atau Human Resource Develoment) dapat menentukan jenjang karier mereka. Dengan kata lain, perusahaan telah menyiapkan suatu "carrier plan" atau rencana besar untuk diri mereka. Para manajer itu mencontohkan apa yang terjadi di organisasi militer dan kepolisian. Kalau ini benar terjadi, maka adalah hal yang tak mungkin bagi seorang trainee yang tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar dapat mengharapkan promosi kenaikan jabatan dari perusahaannya.

Padahal bukan itu yang terjadi. Perusahaan tak pernah menyusun rencana untuk karir CEO berikutnya.

Ini menunjukkan bahwa nasib dan perkembangan karir anda menjadi tanggung jawab anda sendiri. Anda memang harus mengetahui keinginan anda, mendesain rencana untuk mencapainya, serta menentukan ketrampilan dan keahlian fungsional yang diperlukan untuk mencapai posisi puncak dalam organisasi.

Singkatnya, untuk meraih semua keinginan anda itu, beban tanggung jawab sepenuhnya berada di pundak anda sendiri.

No comments: