Pages

Thursday, January 27, 2005

Feature # Person of Influence (5/11)

#5. MENDENGARKAN ORANG LAIN

Sungguh keliru bila kita menganggap dapat mempengaruhi orang hanya dengan berbicara banyak menumpahkan informasi kepada mereka. Jika anda mau membantu mereka atau mempunyai dampak positif pada orang lain, anda perlu belajar bagaimana mendengarkan mereka.

# Manfaat Mendengarkan

- Mendengar memperlihatkan respek.
Mendengarkan adalah bentuk sanjungan yang paling tulus. Setiap kali anda tidak menaruh perhatian pada apa yang dikatakan orang lain, anda mengirimkan pesan kepada mereka bahwa anda tidak menghargai mereka. Ketika anda mendengarkan orang lain, anda mengkomunikasikan bahwa anda menaruh respek pada mereka. Lebih dari itu, anda memperlihatkan bahwa anda peduli kepada mereka.

- Mendengar dapat membangun hubungan
Dale Carnegie pernah menasehatkan, "Anda dapat memiliki lebih banyak teman dalam dua minggu dengan menjadi pendengar yang baik daripada dua tahun dengan berusaha membuat orang lain tertarik pada anda." Dengan menjadi pendengar yang baijk, anda mampu berhubungan dalam berbagai tingkat dan mengembangkannya menjadi lebih kuat dan mendalam karena anda memenuhi suatu kebutuhan.

- Mendengar meningkatkan pengetahuan
Anda belajar banyak hal dengan mendengarkan orang lain. Ingatlahm telinga yang tuli adalah bukti pikiran yang tertutup.

- Mendengar akan menghasilkan ide
Jika anda memberi kesempatan kepada orang lain untuk menyampaikan gagasan dan mendengarkan dengan pikiran terbuka, akan selalu ada aliran ide baru.
Walapun anda mendengar ide yang tidak akan berhasil, sekedar mendengarkan mereka sering dapat memercikkan gagasan lain yang kreatif pada diri anda sendiri dan oramg lain.

- Mendengar membangun loyalitas
Ada suatu yang aneh terjadi jika anda tidak membiasakan diri mendengarkan orang lain. Mereka akan mencari orang lain yang mau. Mendengarkan dengan baik akan menarik orang pada anda, yang kemudian mereka mungkin akan mengembangkan loyalitas yang kuat pada anda meski tidak resmi.

- Mendengarkan adalah cara terbaik untuk menolong orang lain dan diri anda sendiri
Mungkin mendengarkan sesuatu tidak bermanfaat bagi anda, namun akan sangat bermanfaat bagi orang yang anda dengarkan. Saat anda menjadipendengar yang baik, anda menempatkan posisi menolong orang lain sekaligus diri anda sendiri.

# Penghalang yang Lazim Saat Mendengarkan

- Terlalu menghargai kemampuan berbicara
Kebanyakan orang terlalu menghargai kemampuan berbicara dan kurang menghargai kemampuan mendengarkan. Ingatlah tak seorang pun berhasil menjual jika ia hanya mendengarkan diri sendiri.

- Kehilangan fokus
Setiap orang memiliki kemampuan berbeda untuk mendengarkan perkataan. Ada orang yang mampu berbicara sekitar 180 kata per menit, namun dapat mendengarkan 300 sampai 500 kata per menit. Perbedaan ini menyebabkan ketegangan sehingga pendengar kehilangan fokus. Biasanya orang akan mengisi kesenjangan komunikasi dengan mencari hal-hal lain untuk dikerjakan, seperti melamun, mengamati pembicara, dan lain sebagainya.

- Mengalami keletihan mental
Jika anda menghadapi keadaan yang sulit, anda harus menggali lebih banyak energi, berkonsentrasi, dan tetap terfokus agar menjadi pendengar yang efektif.

- Pembentukan stereotipe
Pembentukan stereotipe adalah kecenderungan mendengarkan apa yang kita harapkan dan bukan apa yang orang lain katakan. Kita senantiasa jatuh ke perangkap ini dalam kadar tertentu.

- Membawa muatan emosi pribadi
Hampir semua orang mempunyai saringan emosi yang mencegah untuk mendengar hal-hal tertentu yang dikatakan orang lain. Anda akan cenderung berreaksi kuat jika mendengar sesuatu yang seruap dengan pengalaman buruk anda.

- Asyik dengan diri sendiri
Barangkali penghalang yang paling berat untuk mendengarkan adalah keasyikan dengan diri sendiri. Jika anda tidak peduli siapa pun selain diri anda sendiri, anda tidak akan mendnegarkan orang lain. Ironisnya adalah ketika anda tidak mendengar, kerguian anda bahkan lebih besar ketimbang yang anda lakukan pada orang lain.

No comments: