Pages

Monday, January 24, 2005

Feature # Person of Influence (3/11)

#3. MEMELIHARA ORANG LAIN

Banyak orang keliru menganggap bahwa untuk menjadi orang yang berpengaruh mereka harus menjadi sosok yang berwibawa, bisa mengoreksi kesalahan orang lain, melontarkan kritik konstruktif. Padahal, apa yang dikatakan John Knox lebih dari empat ratus tahun lalu tetap berlaku, "Anda tidak dapat menimbulkan permusuhan sekaligus mempengaruhi." Inti proses pemeliharaan adalah perhatian tulus pada orang lain. Anda harus memiliki perasaan dan perhatian positif. Dengan demikian anda tidak boleh membenci, menghina, atau meremehkan mereka. Anda harus memberikan kasih dan rasa hormat. Memelihara orang lain adalah cara terbaik untuk membina hubungan dengan orang tersebut.
Hal ini tidak hanya memenuhi apa yang dibutuhkannya, memberinya kehidupan dan kekuatan, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan dan mengikuti anda. Dalam banyak hal perhatian yang anda berikan akan dikembalikan dengan loyalitas kepatuhan dan kasih sayang.

Memelihara berfokus pada memberi bukan menerima. Apa saja yang dapat kita berikan pada orang lain sebagai tanda pemeliharaan kita atas mereka?

a. Kasih
Sebelum melakukan apa pun bagi kehidupan orang lain, anda harus memperlihatkan kasih sayang pada mereka. Tanpa kasih, tidak mungkin ada hubungan, masa depan, dan kesuksesan bersama.

b. Respek
Bila kasih berfokus pada sikap memberi kepada orang lain, maka respek menunjukkan kesediaan untuk menerima dari mereka. Respek mengakui kemampuan atau potensi orang lain untuk memberikan kontribusi. Mendengarkan orang lain, mendahulukan kepentingan mereka menceminkan respek anda kepada mereka.

c. Rasa Aman
Orang enggan mempercayai anda dan mengeluarkan potensi mereka jika mereka khawatir tidak merasa aman bersama anda. Namun, ketika merasa aman, mereka berada dalam posisi untuk memberikan respon positif dan mengerjakan yang terbaik.

d. Pengakuan
Suatu kesalahan yang lazim, khususnya di kalangan pemimpin usaha, adalah kegagalan memberikan pengakuan dan memperlihatkan penghargaan kepada orang lain. Sulit bagi orang untuk mengikuti seseorang yang tidak menghargai mereka. Berilah pengakuan kepada orang lain di setiap kesempatan. Ini membangun dan memotivasi mereka.

e. Dorongan
Setiap orang memerlukan dorongan untuk menguatkan mereka. Tanpa dorongan seseorang dapat terhambat menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Jika seseorang merasa didorong, ia dapat menghadapi hal-hal yang sulit dan mengatasi penderitaan yang luar biasa. Orang yang memberikan hadiah dorongan akan menjadi orang yang berpengaruih terhadap mereka.

Untuk jadi pemelihara, belajarlah menjadi orang yang memikirkan orang lain, mendahulukan orang lain. Itu memang tidak mudah. Hanya jika anda mempunyai perasaan damai dengan diri anda maka anda akan mampu memikirkan dan memberikan diri anda pada orang lain. Imbalan pemeliharaan ini sangat besar; misal, tumbuhnya nilai diri pada orang lain, kemudian mereka akan menjadi bagian dari kelompok, yang akan memunculkan perpektif yang lebih baik tentang diri mereka sendiri, sehingga timbullah perasaan penting sehingga harapan pada anda. Di titik inilah anda menjadi orang yang berpengaruh.

Banyak orang merasa sulit mengasihi dan bersikap positif pada orang lain, terutama jika mereka hidup di lingkungan kerja yang tidak terlalu menyenangkan. Untuk itu anda perlu balajr bagaiman menjadi pemelihara yang alamiah. Ada ebebrapa cara yang dapat anda lakukan, yaitu:

1. Miliki komitmen kepada mereka. Buatlah komitmen untuk menolong orang lain. Kasih kepada orang lain seslalu menemukan caranya untuk menolong.

2. Percayalah kepada mereka. Berikan kepercayaan dan harapan anda kepada mereka.

3. Buatlah agar anda mudah ditemui. Anda tidak dapat memelihara siapa pun dari kejauhan. Anda hanya dapat melakukannya dari jarak dekat.

4. Beri tanpa syarat. Jangan membuat transaksi, berilah secara cuma-cuma.
Sadarilah bahwa suatu saat nanti, saat anda memandang kehidupan yang sudah lewat, anda akan merasa benar-benar hidup ketika anda mengerjakan hal-hal dengan semangat kasih.

5. Beri kesempatan. Berilah kesempatan tambahan untuk berhasil dan tumbuh.

6. Angkat mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Tujuan tertinggi anda haruslah selalu menolong orang lain ke tingkat yang lebih tinggi untuk meraih potensi mereka.

****************************************************************************

STOPPER

# Jika ada sebuah bukit untuk didaki, jangan berpikir untuk menunggunya menjadi lebih kecil. (H Jackson Brown, Jr.)

# Tidak ada yang lebih sederhana daripada kebesaran. Memang, sederhana itu kebesaran. (Ralph Waldo Emerson)

# Apakah seorang teman itu? Teman adalah sesosok jiwa yang tinggal di dua tubuh. (Aristotle)

No comments: