Pages

Wednesday, December 10, 2008

KEPEMIMPINAN YANG UTAMA #2/2

Jenderal Colin Powell

PELAJARAN #10--Jangan pernah membiarkan ego anda begitu dekat dengan posisi anda, karena jika posisi anda hilang, ego anda juga hilang bersamanya.

Seringkali, perubahan dihambat oleh orang-orang yang berpegang pada lingkungan dan job description yang biasa. Salah satu sebab organisasi besar melemah adalah para manajernya tidak menantang cara yang lama atau yang mudah dalam melaksanakan sesuatu. Pemimpin sejati mengerti bahwa, sekarang ini, setiap orang dalam pekerjaan kita menjadi usang. Yang mesti kita
kerjakan adalah menjadikan diri kita usang terlebih dahulu sebelum orang lain melakukannya pada kita. Pimpinan yang efektif menciptakan suatu iklim dimana nilai orang ditentukan oleh keinginan mereka untuk mempelajari ketrampilan yang baru, mengambil tanggung jawab yang baru, dan terus-menerus mengembangkan pekerjaan mereka. Pertanyaan paling penting dalam penilaian pelaksanaan kerja bukan "bagaimana anda melaksanaan pekerjaan anda sejak terakhir kita bertemu?" tetapi, "berapa banyak anda mengembangkan pekerjaan anda?"

PELAJARAN #11--Jangan jadi orang yang suka meniru-niru. Jangan mengejar mode-mode manajemen terbaru. Suatu persoalan selalu menunjukkan pendekatan yang terbaik untuk mencapai misi kelompok.

Melompat dari mode ke mode manajemen menciptakan kebimbangan kelompok, mengurangi kredibilitas pemimpin, dan mengurangi dana perusahaan. Mengikuti suatu mode secara membuta menciptakan kekakuan dalam pemikiran maupun tindakan. Kadang-kadang kecepatan memasarkan lebih penting dari total kualitas. Kadang-kadang suatu pengarahan yang keras lebih baik daripada diskusi menyeluruh. Beberapa situasi memerlukan pengawasan pemimpin secara
ketat, situasi lain memerlukan kebebasan yang luas dan panjang. Pemimpin yang baik menghargai nilai-nilai inti mereka, tetapi fleksibel dalam menjalankannya. Mereka mengerti bahwa tehnik manajemen bukan mantera ajaib tetapi cuma alat untuk dipergunakan pada waktunya.

PELAJARAN #12--Optimisme yang terus menerus adalah sumber peningkatan kekuatan.

Efek naik turun dari minat dan optimisme pemimpin adalah luar biasa. Juga akibat dari sinisme dan pesimisme. Pemimpin yang mengeluh dan menyalahkan akan menghasilkan tingkah laku yang sama di antara sejawat mereka. Saya tidak berbicara tentang menerima kebodohan organisasi dan ke-tidak-kompeten-an pelaksanaan kerja secara terus menerus dengan senyum.
Saya berbicara tentang sikap bersemangat yang berkata, "kita dapat mengubah beberapa hal di sini, kita dapat mencapai sasaran besar, kita dapat menjadi yang terbaik." Berikan pada saya doa tidak berpengharapan dari si "realis", berikan pada saya aspirasi yang paling tidak realistis dari si optimis setiap waktu.

PELAJARAN #13--Prinsip dalam mencari karyawan: Carilah kecerdasan dan kebijakan. Yang terpenting, carilah kemampuan untuk mengantisipasi dan memeriksa setiap sudut. Juga carilah kesetiaan, integritas, dorongan yang sangat kuat, ego yang seimbang, dan dorongan untuk membuat pekerjaan terselesaikan.

Seberapa sering kita, dalam suatu proses rekrutmen, memilih orang dengan kriteria di atas? Seringkali kita mengabaikannya karena lebih tertarik pada surat keterangan yang panjang lebar, pendidikan danm jabatan tinggi sebelumnya. Ikatan dari job description yang dipegang seseorang sebelumnya tampaknya lebih penting daripada siapa orang itu hari ini, apa yang dapat
mereka berikan nanti, atau bagaimana nilai-nilai mereka akan bersatu dengan yang ada pada organisasi. Anda dapat melatih orang baru yang cerdas dan mau bekerja dengan dasar-dasar dari perusahaan secara cukup cepat, tetapi lebih sulit melatih seseorang untuk memiliki integritas, kebijakan, energi, keseimbangan dan dorongan untuk penyelesaian pekerjaan. Pimpinan yang baik mengumpulkan hal tersebut pada posisi mereka tepat pada saat rekrutmen.

PELAJARAN #14--Pemimpin besar umumnya penyederhana besar, yang dapat memotong argumen, debat dan keraguan, dan menawarkan solusi yang dapat dimengerti setiap orang.

Pimpinan yang efektif mengerti prinsip KISS, Keep It Simple, Stupid. Mereka menguraikan nilai-nilai dan sasaran yang rumit, yang digunakan untuk mendorong sikap sehari-hari dan pilihan di antara alternatif yang hampir sama. Visi dan prioritas mereka sederhana dan menggugah, tidak rumit atau penuh teka-teki. Keputusan mereka tegas dan jelas, tidak bimbang dan samar.
Mereka menyatakan kekuatan dan konsistensi dalam tindakan mereka, sejalan dengan gambaran masa depan yang mereka buat. Hasilnya : kejelasan sasaran, kredibilitas kepemimpinan, dan integritas dalam organisasi.

PELAJARAN #15--Bagian I: Gunakan rumus P=40 sampai dengan 70. P adalah kemungkinan sukses, sedangkan angka tersebut menunjukkan persentase dari informasi yang diperoleh. Bagian II: Begitu informasi dalam batasan 40 – 70 tercapai, laksanakan dengan penuh nyali.

Jangan bertindak jika anda memiliki informasi kurang dari 40% kemungkinan benar, tapi juga jangan menunggu hingga memiliki fakta hingga 100%, karena pada saat itu, umumnya sudah sangat terlambat. Saat ini, keterlambatan yang berlebihan dengan alasan pengumpulan informasi, mengghasilkan "analysis paralysis". Penangguhan dengan alasan mengurangi resiko sebenarnya meningkatkan resiko.

PELAJARAN #16--Komandan lapangan selalu benar, sedangkan pejabat di garis belakang selalu salah, kecuali dibuktikan sebaliknya.

Seringkali, yang terjadi dalam budaya perusahaan adalah sebaliknya. Inilah salah satu penyebab utama mengapa pimpinan-pimpinan seperti Ken Iverson dari Nucor Steel, Percy Barnevick dari Asea Brown Boveri, dan Richard Branson dari Virgin, telah membatasi staff mereka hingga minimum sekali, bagaimana hanya kurang dari 100 staff dibutuhkan perputaran global senilai US 30 Milyar? Atau sekitar 25 dan 3 untuk bisnis milyaran Nucor dan Virgin?
Berikan wewenang pada orang-orang yang membawa hasil, bukan kepada mereka yang menghitung atau menganalisa hasil tersebut.

PELAJARAN #17--Nikmatilah kempemimpinan Anda. Jangan selalu berlari dengan langkah terburu-buru. Cutilah jika anda telah berhak untuk itu, gunakan waktu dengan keluarga. Kesimpulan: kelilingi anda dengan orang-orang yang mengerjakan tugas mereka dengan serius, tetapi bukan mereka, yang bekerja keras dan bermain keras.

Herb Kelleher dari Southwest Air dan Anita Rodick dari The Body Shop akan setuju: carilah orang yang seimbang dalam hidup mereka, yang menyenangkan bila bersama, yang senang tertawa (menertawakan diri mereka sendiri juga), dan yang memiliki prioritas non-kerja yang didekati dengan cara yang sama dengan waktu mereka bekerja. Berikan saya pecandu kerja yang keras atau "professional" yang angkuh dan suka pamer, saya akan mencarikan mereka
pekerjaan pada saingan saya.

PELAJARAN #18--Memimpin berarti kesepian.

Harry Truman benar. Apakah anda seorang top manager atau pimpinan sementara dari suatu proyek, hal ini hanya sampai disini. Anda dapat menciptakan manajemen partisipasi dan keterlibatan seluruh pekerja, tetapi sesungguhnya inti dari kepemimpinan adalah kesiapan untuk membuat pilihan-pilihan yang tegas dan jelas yang akan menentukan nasib perusahaan. Saya telah melihat banyak pemimpin yang menyimpang dari tanggung jawab ini. Meskipun anda telah menciptakan budaya perusahaan yang informal, terbuka, bekerja sama, bersiaplah untuk kesepian.

"Kepemimpinan adalah seni untuk mencapai lebih daripada yang dikatakan mungkin oleh ilmu manajemen"

5 comments:

Anonymous said...

I want not acquiesce in on it. I think polite post. Expressly the designation attracted me to be familiar with the whole story.

Anonymous said...

Amiable fill someone in on and this mail helped me alot in my college assignement. Thanks you for your information.

Anonymous said...

Easily I to but I think the collection should prepare more info then it has.

Anonymous said...

Well I agree but I contemplate the post should have more info then it has.

Anonymous said...

After getting more than 10000 visitors/day to my website I thought your tpbw.blogspot.com website also need unstoppable flow of traffic...

Use this BRAND NEW software and get all the traffic for your website you will ever need ...

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

In testing phase it generated 867,981 visitors and $540,340.

Then another $86,299.13 in 90 days to be exact. That's $958.88 a
day!!

And all it took was 10 minutes to set up and run.

But how does it work??

You just configure the system, click the mouse button a few
times, activate the software, copy and paste a few links and
you're done!!

Click the link BELOW as you're about to witness a software that
could be a MAJOR turning point to your success.

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com