Pages

Tuesday, December 09, 2008

KEGIATAN ALTERNATIF MENGELOLA WAKTU

Mengelola waktu bukanlah pekerjaan yang mudah. Merencanakan penggunaan waktu mungkin cukup mudah untuk dilakukan, namun mengisinya sesuai dengan rencana adalah hal yang berbeda. Kegiatan ini bertujuan agar anda bisa menangkap sejauh mana anda mampu berjalan sesuai dengan rencana kegiatan yang anda susun sebelumnya. Mulailah di pagi hari sebelum anda melakukan kegiatan apa-apa. (Paradoks memang, anda menggunakan waktu justru untuk merencanakan
penghematan waktu.)

1--Pagi hari, sebelum melakukan apa-apa, coba isi agenda kerja anda untuk hari ini. Rencanakan semua kegiatan anda sedetil mungkin. Susun sesuai dengan skala proritas tujuan anda. Jangan hanya menentukan kapan anda melakukan kegiatan, namun juga berapa lama, dan apa yang harus anda kerjakan selanjutnya jika kegiatan utama tersebut gagal dilaksanakan. Ini menuntut anda untuk mengetahui tujuan anda hari ini. Setelah selesai, hitung berapa
lama waktu yang anda gunakan untuk menyusun rencana.

2--Siang hari, tengok kembali agenda anda. Kini, tuliskan apakah anda telah berjalan sesuai dengan rencana, atau ada banyak penyimpangan-penyimpangan.
Nilailah diri anda sendiri bagaimana anda mengisi waktu anda. Pertanyakan pada diri sendiri, apakah agenda yang anda susun pagi hari tadi cukup berguna?

3--Kini coba tuliskan semua perasaan-perasaan dan emosi-emosi yang menyertai kegiatan anda. Misal: jam 09.00. Kegiatan: menelepon si X; emosi: netral.
Coba tulis apakah anda mengalami kecemasan, takut, khawatir, senang, penuh harap, dan lain-lain. Tulis pula berapa lama perasaan itu melanda anda.
Kegiatan ini cukup sulit, karena tidak semua orang terbiasa untuk menyadari perasaan dan emosi mereka. Dapatkah anda melihat hubungan antara kegiatan anda dengan emosi yang muncul.

4--Lihatlah agenda untuk siang hingga sore nanti. Lakukan revisi bila anda merasa ada bagian yang harus direvisi ulang. Mungkin anda harus menambahkan kegiatan baru, menghapus/menunda kegiatan yang telah anda rencanakan di pagi hari. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kemampuan anda menyusun perencanaan di muka, sekaligus flesibilitas anda terhadap tuntutan
perubahan.

5--Pada akhir hari lihat kembali seluruh kegiatan anda hari ini. Apakah anda cukup puas dengan apa yang anda lakukan? Apakah anda merasa mampu mengelola waktu anda dengan baik?

Berbicara tentang waktu adalah berbicara tentang misteri besar. Sebagian orang memandang waktu seperti garis lurus yang harus dilalui. Waktu bergerak maju, dan kita hanyut di dalamnya. Sebagian orang yang lain memandang waktulah yang menerjang kita dengan deras. Namun, ada juga orang yang memandang bahwa waktu itu sama sekali tak bergerak. Bagi mereka waktu adalah saat ini, karenanya harus digunakan sebaik-baiknya. Dan, itulah kunci utama
dalam mengelola waktu.

1 comment:

david santos said...

Aku suka postingan mu Semoga minggu mu menyenangkan