Pages

Monday, September 06, 2004

5 RAHASIA WIRAUSAHAWAN SEJATI

Aleta Pippin

Ada banyak sifat yang dirujukkan pada seorang wirausahawan, misal, pemberani, pembuka jalan, pengambil resiko, bahkan serakah, rakus, danmacam-macam lainnya. Manusia-manusia langka yang berani menghadapi resikodan berspekulasi dipandang sebagai pengusaha yang tega melakukan apa pununtuk meraih kekayaan sehingga merusak kesehatan dirinya sendiri. Yangjelas, semua image tersebut sudah seharusnya dibuang ke dalam keranjang sampah mistik dan kesalahpahaman.

Di jaman sekarang ini, ada sebuah model baru bagi seorang wirausahawansejati. Mereka memandangkan kesuksesan sebagai sesuatu yang lain, karenamereka menyadari bahwa bermimpi untuk meraih keamanan melalui kekayaanadalah sesuatu yang benar- benar hanyalah sebuah mimpi belaka. Merekamenemukan bahwa sebuah keamanan diri bukan berasal dari finansial. Merekamelangkah ke dalam kekuatan batin mereka untuk menempuh tujuan hidup danmenciptakan hidup yang penuh makna, bukan sekedar bisnis belaka. Merekainilah yang kami sebut sebagai wirausahawan sejati.

Ada lima sifat dan hal yang dimiliki oleh seorang wirausahawan sejati.Yaitu:

1--Visioner.

Wirausahawan model lama biasanya suka melawan sesuatu. Karena, merekamenginginkan kebebasan dan melakukan segala sesuatu menurut cara merekasendiri, serta percaya bahwa mereka bisa melakukannya jauh lebih baikketimbang orang lain. Tetapi, bagi seorang wirausahawan sejati, jiwa yangmemberontak hanyalah sebagian kecil saja. Bagaimana pun, seorangwirausahawan sejati lebih merupakan seorang yang visioner. Mereka melihatgambar besar yang begitu penuh angan-angan. Mereka juga mempunyai wawasanyang luas akan hidup dan usaha yang ingin mereka ciptakan.

2--Pencipta nasibnya sendiri.

Wirausahawan tradisional menciptakan bisnis, dan ini merupakan motivatorterbesar mereka. Namun, ketika bisnis telah diciptakan, kemana lagi merekaakan melangkah? Wirausahawan sejati bergerak menuju nasib dan takdir mereka.Mereka mendapat inspirasi dari sesuatu yang lebih luas daripada sekedar apayang bisa mereka usahakan. Mereka pun menggali kekuatan batin dalam merekadan melangkah penuh percaya diri. Mereka bisa tetap melangkah meski hambatantampaknya mustahil dilalui. Dengan demikian, orang-orang yang tepat, tempatyang tepat dan kesempatan yang tepat bermunculan untuk menolong wirausahawansejati meraih takdir mereka.

3--Menarik perhatian.

Semua wirausahawan mempunyai mimpi. Sebagian dari mereka berkeinginan untukmencapai tujuan yang jelas, sedangkan yang lain hanya berkeinginan untukmenjadi seorang wirausahawan yang terkenal dan pertama. Mereka mendorong idedan bisnis untuk melakukan sesuatu yang mungkin sulit dicapai orang lain.Namun, seorang wirausahawan sejati, bukan sekedar bermimpi, mereka jugaorang yang menarik perhatian. Setiap langkah mereka mampu menjadi inspirasibagi orang lain.

4--Meraih tujuan diri.

Banyak wirausahawan tradisional secara agresif mengejar mimpi danmengembangkan bisnis yang sangat sukses. Tapi, banyak dari mereka yang takmerasakan kepuasan batin. Kenapa? Karena mereka tidak menyisihkan waktuuntuk benar-benar memahami apa yang penting bagi hidup mereka, sebagaiakibatnya, mereka menderita banyak penyakit, hubungan yang buruk dan hal-hallain. Sedangkan wirausahawan sejati menciptakan bisnis dari dalam dirisebagai perwujudan kesadaran jiwa mereka. Mereka mengerti apa yang pentinguntuk menyelaraskan keyakinan dan mimpi-mimpi mereka untuk memenuhi tujuanhidup mereka.

5--Inspirasional.

Banyak wirausahawan memilih untuk tidak mempunyai karyawan atau rekan kerja.Mereka lebih suka bekerja sendiri. Itu kenapa, seringkali mereka tidak bisabertindak sebagai supervisor yang baik. Mereka lebih suka mengendalikansemuanya, atau melakukan micromanagement, atau tidak memanage apa-apa.Wirausahawan sejati tahu pentingnya spirit team dan bagaimana membangkitkaninspirasi orang lain agar menjadi kreatif dan mampu mengekspresikan hidupyang penuh makna. Mereka tahu bahwa memenuhi kebutuhan orang-orang lebihbaik bagi klien dan rekan bisnis mereka. Dan, sebagai akibatnya bisnismereka pun tumbuh.

Tak peduli apakah anda sekarang ini adalah seorang wirausahawan atau sedangbermimpin menjadi seorang wirausahawan, memahami bagaimana menjadi seorangwirausahawan sejati tentu mempunyai banyak keuntungan bagi anda. Anda bisamenyingkirkan cap sebagai seorang wirausahawan tradisional dan memberikanruang yang lebih luas bagi anda untuk pertumbuhan diri anda. Jika anda siapuntuk melangkah maju dan berikrar untuk meraih apa yang anda inginkan, yaituhidup penuh makna dan sejahtera, inilah waktunya untuk berubah. Ubahpandangan anda dan jadilah seorang wirausahawan sejati sekarang. (30042002)
(Disadur dari: Aleta Pippin, 5 Secrets of the Authentic Entrepreneur)
**********************************************************
Integritas seseorang diukur dengan tingkah lakunya bukan profesinya.(Junius)

Jangan terlalu mencemaskan kepercayaan diri anda. Cemaskan karakter anda.Integritas adalah imbalannya. (Dr. Laura Schlessinger)

No comments: