Pages

Sunday, March 15, 2009

TIPS AGAR TIDAK MENDAPATKAN KENAIKAN KARIER

Tentu saja hal ini tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang berusaha meraih pengembangan diri. Tips berikut hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah kehilangan gairah kerja dan tak mau menerima tantangan baru. Namun dengan menambah kata "tidak" di depan setiap tips berikut, kita dapat menggunakannya untuk mendorong kemajuan diri dan memperoleh kenaikan karier.
Berikut cara cepat untuk tidak memperoleh kenaikan karier, sekaligus merupakan pantangan bagi mereka yang mengharap kemajuan karier. Silakan mencoba.

1--Banyak-banyaklah mengeluh.

Setiap ada kesempatan, sampaikan keluhan anda. Selalu ada saja hal yang dapat kita keluhkan. Mulai dari, kondisi kerja yang buruk, atasan yang menyebalkan, kolega yang tidak mau bekerja sama, atau bahkan kamar mandi yang kotor. Semakin banyak anda mengeluh semakin besar kemungkinan anda tidak lulus dalam pertimbangan kenaikan pangkat.

2--Selesaikan pekerjaan ala kadarnya.

Jadilah mediokrat. Tak usah mengejar hasil yang lebih baik. Apalagi bila atasan tidak mengungkit-ungkitnya. Untuk apa susah-susah meningkatkan kualitas pekerjaan bila hasil minmal dan sekedarnya sudah cukup. Tolaklah setiap rencana pelatihan bagi diri anda. Semua itu tidak seberapa berguna.

3--Tolaklah tugas-tugas baru.

Jangan mau menerima tugas-tugas baru. Bukankah anda sudah terbebani oleh tugas-tugas rutin sehari-hari. Anda tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mengerjakan hal-hal baru. Mintalah orang lain saja untuk melakukannya.
Biarkan diri anda asyik dengan apa yang anda kerjakan bertahun-tahun lamanya.

4--Kerjakan tugas kantor di jam kerja kantor.

Datang dan pulanglah tepat waktu. Meski pekerjaan anda belum selesai, toh masih ada hari esok. Tidak ada istilah pekerjaan rumah bagi anda. Jangan mau melakukan kerja lembur. Anda harus memberikan perhatian pada keluarga sebaik-baiknya, maka tak perlu membawa pekerjaan pulang ke rumah. Selesaikan semuanya di kantor.

5--Tidak usah merayakan keberhasilan.

Tak usah repot-repot mengikuti perayaan keberhasilan perusahaan. Semua pekerjaan memang harus diselesaikan. Jadi, tak ada alasan untuk berbangga-bangga ikut merayakan keberhasilan. Itu semua biasa. Pilihlah untuk segera pulang ke rumah atau menyendiri daripada berkumpul dengan rekan-rekan kantor apalagi atasan. Tak usah pula menunjukkan batang hidup anda di setiap acara dan kesempatan kantor.

6--Menjauhlah dari atasan.

Bergaul dengan atasan dapat menghambat penurunan karier anda. Jagalah jarak.
Bertemu dan berbicaralah secukupnya. Bila ada sesuatu yang perlu disampaikan, katakan lewat sekretarisnya beliau. Jangan sampai ada hubungan yang terlalu erat antara anda dengan atasan.

No comments: