Pages

Thursday, September 20, 2007

BILA ORANG LAIN TAHU ANDA MELAKUKAN KESALAHAN

Suatu saat, pasti kita akan melakukan kesalahan, dan orang lain akanmenyalahkan kita. Pasti pula kita akan merasa malu, cemas, dan kesal. Namun,yang terjadi tak mungkin kembali. Kita harus mengatasi situasi yang tak mengenakkan itu.
Dan, salah satu cara cepat untuk menghadapi tudingan dariorang lain adalah dengan membalik tudingan mereka. Kalau mereka berkata,"anda keliru", kita pun menjawab, "anda juga begitu." Kesalahan dibalas dengan kesalahan.
Kehilangan muka dilawan dengan mempermalukan orang lain.Ah, betapa menggodanya balas-membalas seperti ini. Sayangnya, itu takkan mempertemukan kita pada jalan perbaikan, selain hanya menegangkan urat leher tanpa guna. Bila kita menghabiskan tenaga untuk berpikir keras mencari-cari kesalahan orang lain demi mengobati rasa malu kita, mengapa tak kita gunakan energi yang sama untuk mencari sebuah pemecahan? Malu semestinya dijawab dengan sikap bertanggung jawab. Tuduhan bukan dibalik dengan tuduhan yang hanya akan mengerdilkan arti kematangan pribadi. Bukankah dalam hati yang dalam,kita sadar dan tahu bahwa sebuah kekeliruan hanya patut dibalas denganperbaikan.

No comments: